Kamis, 30 Desember 2010

Salute For Tim Garuda...Sisa2 AFF

Penghujung tahun 2010 kita (as a rakyatnya Indonesia) di jamu dengantontonan yg cukup menyenangkan, namanya piala AFF (Asean Football Federation). Perebutan siapa yg paling jago tim sepakbolanya di kawasan ASEAN di buktikan di sini. Dan yang makin menarik adalah kebangkitan Tim Garuda yang mampu mencapai babak final walaupun tetap belum mampu membawa piala AFF ke tanah Indonesia. Sangat menyaktikan karena dari awal piala AFF di mulai, permainan tim Garuda sangat ciamik, mantap jaya bahkan tak terkalahkan dan jumlah gol yang berhasil ditelorkan pun tidak sedikit. Lebih menyakitkan lagi adalah karena indonesia dipeundangi oleh Malaysia (negara yang sudah berkali-kali mencuri kekayaan Indonesia dan kali ini pun berhasil mencuri piala AFF dari tangan Garuda).

Kekalahan tim Garuda menjadi perbincanan di mana2,ane pun pingin ikut2an jadi pengamat sepak bola. Penjelasan secara filosofi kenapa malaysia bisa menang adalah karena timnas malaysia pernah mengalami semua bentuk hasil pertandingan mulai dari kalah telak melawan Indonesia (5-1), seri di beberapa pertandingan dan akhirnya mampu bangkit menantang tim Indonesia. Dari sini dapat dilihat bahwa tim Malaysia benar2 belajar dari pengalaman. Itulah kekurangan tim Indonesia, from zero (yg tadinya bukan tim yang cukup kuat) to hero (penampilan gemilang ditiap penampilan).


Indonesia pada babak penyisihan tidak terkalahkan sama sekali dan menurut ane itu adalah suatu ujian yg sangat berat buat tim Indonesia. Disini Indonesia tidak memperoleh pelajaran bagaimana rasanya merasa kalah padahal pelajaran itu sangat penting untuk bisa lebih maju. Belajar dari kesalahan dan kekalahan mungkin lebih terasa dan bermakna dibanding belajar dalam keadaan menang. Sama halnya seperti kehidupan, ya emang permainan sepakbola kan juga bagian dari kehidupan.

Yah walau bagaimanapun, permainan tim Garuda sangat memukau. Ane aja sangat terpukau dan gak nyangka kalau tim Garuda bisa bermain secantik itu. Ane tahu kenapa Tuhan belum mengijinkan Indonesia berjaya di tahun ini, ane kira alasannya adalah Tuhan belum percaya sama orang2 Indonesia klo gak bakal sombong dan terlalu berlebihan. Ane kira kalo Indonesia jadi juara wuah beritanya bakal berhari2 dibahas dan merasa sudah sangat hebat. Maaf jika ane berpikir negatif sama orang Indonesia, tapi itu analisis ane berdasarkan realita yang ada. Semoga dengan kejadian ini bisa menjadi cambuk keras bagi Timnas Indonesia dan Rakyat Indonesia pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar