Sabtu, 19 Juni 2010

Kost ku, kampusku

Ternyata emang benar hidup bersama satu atap dengan orang lain apalagi dengan berbagai karakter yang berbeda itu sangat susah. Slalu saja ada masalah atau singgung menyinggung perasaan, entah itu sengaja ataupun tidak. Contohnya aja di asrama atau kos-kosan. Jika kita berperan sebagai penghuni kost kita akan menemukan orang dengan berbagai jenis karakter dan latar belakang yang berbeda, entah latar belakang pendidikan agama, lingkungan sosial, adat, pola pikir dan sebagainya. Keberagaman ini bisa saja menjadi sangat indah tapi sering pula menjadi bom diantara penghuni kost satu sama lain yang siap meledak kapan saja. Untuk bisa tinggal bersama apalagi satu atap dengan orang lain kayak di kost dibutuhkan sikap saling pengertian yang saaangaaat tinggi terhadap orang lain khusunya tetangga-tetangga kamar kita.
Sedekat apapun hubungan antara penghuni satu dengan yang lainnya pasti pernah muncul konflik antara mereka atau ketidak sukaan satu sama lain. Konflik tidak selamanya buruk, menurut saya konflik adalah suatu bentuk kedimisan suatu hubungan. Hubungan yang tidak diwarnai konflik akan terasa hambar dan membosankan. Tapi jika konflik tersebut berkembang kearah perpecahan maka konflik tersebut harus segera dihentikan dan diselesaikan sehingga hubungan harmonis tetap terjaga. Seperti halnya kehidupan dikost yang tiap hari dari bangun tidur sampai tidur lagi ketemu pasti ada saat-saat ketidak cocokan satu sama lain yang nantinya akan menjadi konflik. Jika antara penghuni tersebut mau saling terbuka tentang ketidaksukaan atau ketidakcocokan antara satu sama lain dan mencari alternatif pemecahannya maka konflik tersebut tidak akan berkembang ke arah perpecahan atau permusuhan antar penghuni kost, tapi jika semua pihak yang bermasalah ingin menang sendiri dan merasa paling benar maka akan sulit untuk memperbaiki hubungan. Sikap kedewasaan sangat penting dalam hal ini.
Tinggal di bersama satu atap dikost juga akan menjadi pembelajaran bagi kita semua penghuni kost untuk menjadi lebih dewasa dari hari kehari salah satunya dengan memahami perasaan orang lain dan sifat teman kost kita. Mungkin hal ini tidak hanya dapat dilakukan di lingkungan kost saja tetapi juga dikehidupan bermasyarakat lainnya dimana orang-orang yang akan dihadapi juga lebih beragam. Smoga apa yang terjadi diantara kita menjadi pelajaran yang berharga bagi kita dan menjadikan kita lebih dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan hidup. Kost ku adalaha kampusku tempat untuk menimba ilmu kedewasaan (TS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar