Sabtu, 27 November 2010

Pejuang skripsi, bersemangatlah slalu.......

Kemballi bermain dengan waktu.....well tak terasa ternyata sudah 4 tahun lebih 3 bulan beberapa hari melewatkan perjalanan sebagai mahasisa fakultas Pertanian di Universitas Gadjah Mada. Secara akademik tentu sudah banyak sekali pelajaran yang saya pelajari, tetapi pada kenyataannya hanya beberapa persen saja yang masih bertengger di dalam tak saya.

Perjalanan sebagai seorang mahasiswa diakhiri dengan perjuangan menuliskan sebuah karya ilmiah, untuk mendapatkan gelar yang diperjuangkan bertahun-tahun. Menurut saya menulis tugas akhir atau skripsi adalah perjuangan paling keras yang harus dihadapi sepanjang menempuh. Disini kita para mahasiswa pejuang skripsi,dituntut untuk:
1. Kerja Keras
2. Berpikir logis dan analitis
3. Kerja keras
4. Mandiri
5. Berpikir mendalam, melihat segala sesuatu lebih dalam dalam dan semakin dalam
6. Selalu bertanya dan bertanya slalu
7. Kerja sama
dan banyak hal lain yang bisa kita petik sebagai pejuang skripsi,apalagi ketika kebetulanatau memang diberikan dosen yang bisa dibilang sangat perhatian dengan penelitian kita. Dosen jenis tersebut adalah dosen yang menginginkan apa yang kita tulis dan kita buat adalah yang terbaik dan bukan asal-asalan hanya untuk mendapatkan gelarSarjana, Bukan seperti itu. Dan ada kalanya dosen yang seperti itu adalah dosen yang paling dihindari oleh mahasiswa kebanyakan.

Kenapa demikian?karena biasanya kita akan semakin lama menjadi pejuang skripsi.......

Percaya deh, coz ini adalah pengalamanku sendiri. Mendapatkan dosen yang paling dihindari oleh sebagian besar mahasiswa, karena memang dosen yang satu ini sudah terkenal perfeksionis dan ditambah lain sibuk so susah untuk ditemui buat bimbingan. Metode untuk bimbingan pun berbeda dengan dosen-dosen lain. Karena kesibukannya mengurus ini dan itu, segala macam proyek smua bimbingannya untuk bimbinganskripsi dijadikan menjadi satu seperti kelompok belajar. Disini kita tidak hanya belajar tentang penelitian kita, tapi juga belajar dari penelitian orang lain. Suatu metode yang belum pernah aku temui sebelumnya.
Apapun jenis penelitian, tema, peelitian kit untuk skripsi yang pasti akan memberikan dampak yang sangat besar terhadap pola pikir kita, cara memandang suatu permasalahan.
Dan disini bersama dosen saya, aku sedang belajar untuk lebih kritis, analitis, logis, dan berpikir mendalam. Disinilah juga tempat kita digodok untuk menjadi manusia yang lebih berakal, manusia yang lebih dewasa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar